Sebuah pertemuan bagian II

by - June 27, 2021

tahun lalu (2020) , sebelum PSBB/LOCKDOWN dimulai, tepat seminggu sebelum nya, gue udah mempersiapkan tiket liburan. kerjaan gue sehari hari dari tahun 2018 sebelum work from home exist, gue udah memulai nya, mencoba memulai karir as a streamer, gamer. sebenernya sama kerjaan nya  kayak orang orang kantoran pada umum nya, cuma gue dirumah aja, selama 8 jam bahkan lebih , main game doang dan ngobrol sama orang orang secara virtual terus gue burn out, kebanyakan grinding streaming, jam tidur ngaco , kebanyakan nyenengin orang orang secara virtual (viewers) yang menggaji gue untuk ngoceh dan marah marah di dalam dunia streaming. sampe akhirnya gue lupa sama diri gue sendiri, ya pas lagi "kerja" sih asik asik aja , nyenengin 20-50 orang gitu , masih kecil sih angka nya dibanding streamer streamer luar yang viewersnya diatas 500, but i got paid for it, gue inget tiba tiba ada yang donate gue $100 pas natal 2018, gue sampe gak percaya "ini beneran nyet, gue cuma main game doang dapet duit". dan akhirnya berkembang sampe burn out.


anyway, balik lagi. di saat gue memutuskan untuk liburan, tiba tiba pemerintah ngumumin PSBB/LOCDOWN.  gimana gak stress gue, udah nabung buat liburan dan berharap untuk refreshing malah disuruh di rumah lagi. gak bisa kemana mana. disitu saya langsung down, ancur , semua prescription dari dokter saya habiskan dalam seminggu (nanti saya akan cerita sejarah mental health saya di jurnal lain), nangis , almost killed myself twice, tapi akhirnya ada satu temen yang ngingetin gue, doi salah satu penggiat kaset, tukang rilis album via kaset, namanya pitahitam records. doi bilang "udeh lo paling bener balik ke dunia musik aja". dan disitu gue mulai sadar "iya juga ya, gue udah lama gak bermusik" , tanpa pikir panjang ,udah lah duit liburan itu gue abisin buat beli instruments (gitar/audio interface baru, ampli, dll) ,sampe akhirnya gue mikir tahun depan (yaitu tahun ini 2021),  gue akan berumur 30 tahun. yaudah gue mencoba memanfaatkan moment ini untuk bikin sebuah album musik ,sebuah perjalanan hidup/kontemplasi selama 10 tahun terakhir yang akan gue rangkum dalam sebuah album. dan gue sempet ngobrol juga sama sahabat/manager/stoner buddy gue sore alanram namanya, kita ngobrolin ini dari sebelum jam 12 malem sampe pagi, ya intinya gimana cara kita garap ini secara serius, gak main main lagi. 

mundur bentar ya ke 5 tahun belakang, 2015-2018 , gue sempet giat banget produce electronic music/EDM, sempet ngeluarin single dan tour radio juga. cuma sebatas itu aja, gak panjang, cuma iseng, tapi jalan cuma gak serius aja.

akhirnya gue sama si manajer gue ini ngobrol panjang lebar, kalo ini harus diseriusin, dalam artian ya secara marketing , artwork, konsep harus mateng. kemudian yaudah lah gue all in, gue coba ambil resiko ini, gue ngeluarin semua duit gue buat project ini, gak mikir panjang, gue coba invest dan serius di dunia ini. go big or go home.

kemudian gue bikinlah sebuah brand "Aloysius.Nitia" , proyek musik instrumental rock, atau orang orang nyebut nya post-rock music. tapi gue mikir gue gak bisa ngerjain ini sendirian, gue butuh bantuan orang lain, akhirnya gue memilih orang yang gue percaya untuk bisa bantu kekurangan gue di sektor musik , gue panggil lah yang pertama jay, doi main gitar buat Tetra , band psych-rock asal bogor, cuma disaat itu Tetra lagi melambat, jadi si jay bisa bantuin gue untuk composing, core nya proyek ini awalnya ya kita berdua doang. terus kemudian nyari drummer, di otak gue langsung keluar nama Efraim Tirto, temen kampus, temen nge-gig bareng dulu. dan dulu gue sama si Efraim ini sempet punya wacana bikin band kaya gini di tahun 2012-2013 (lupa gue), akhirnya ya baru kesampean nya sekarang, terus muncul lah gitaris ketiga yaitu Rubben, yang ceritanya hampir sama kaya Efraim, dulu sempet punya wacana untuk bikin instrumental rock, tapi baru kejadian nya sekarang. dan akhirnya workshop berbulan bulan, dapet 9 lagu.

tapi setelah kita jalanin workshop bareng, gue kok ngerasanya gak cocok ya pake nama gue sendiri, atau emang gue nya yang gak pede aja, yang tadi awalnya gue bermaksud untuk proyek solo ,tapi setelah dijalanin , ya gue akhirnya nganggep ini as a band, bukan sebuah proyek solo gue, karena semuanya dari jay, efraim ,ben nyumbang ide, bukan gue doang yang ngedirect 100 persen untuk proyek ini, ya moodboard nya sih emang gue yang bikin ,cuma yang ngembangin nya ya mereka ini. dan gue berterimakasih banget dipertemukan lagi sama mereka yang bisa bantu ngembangin ide ide di otak gue ini.  dan sekarang gue lagi mikirin nama untuk proyek ini, gue kepikiran nya sih  Aether atau sămânță . ya mungkin nanti akan di diskusiin lagi. cuma ini karyanya udah ada tapi namanya belom ada, baru pake nama gue doang 'Aloysius.Nitia" , biar lebih enak aja gitu di sebutnya , lebih pendek , gak ribet untuk nyebutin nya kalo di panggung. anyway sekian pertemuan ajaib ini. besok gue akan cerita tentang pertemuan pertemuan lain nya.


Dan, Terimakasih Jay, Efraim, Rubben.

You May Also Like

0 comments